jump to navigation

Aktivis LSM Belajar ‘Bermain’ dan ‘Menari’ TI May 22, 2006

Posted by ar10 in Others.
trackback

Jakarta, Aktivis LSM kerap identik dengan kegiatan yang serius. Bersama detikINET, mereka meluangkan waktu untuk belajar 'menari' dan 'bermain' teknologi informasi (TI).

Tariannya adalah tari Mambo. Namun bukan Mambo khas Kuba seperti yang dibawa orang-orang Afrika ke Karibia, Mambo yang satu ini adalah aplikasi content management system bersifat Open Source yang banyak digunakan di internet.

Para aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu pun belajar bermain SMS dengan aplikasi bernama PlaySMS. Aplikasi Open Source tersebut antara lain digunakan oleh ICT Center Jakarta untuk melakukan koordinasi via SMS.

Dua kegiatan itu terangkum dalam 'Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pemberdayaan Masyarakat' yang digelar detikINET, Sabtu (20/05/2006). Sebanyak 15 peserta turut menghadiri acara pelatihan tersebut, jumlahnya memang dibatasi agar pelatihan berjalan intensif.

Dalam pelatihan tersebut, Anton Raharja dari ICT Center Jakarta hadir sebagai tutor. Anton telah banyak berpengalaman mengelola berbagai situs dan layanan SMS. Anton juga termasuk motor di balik situs VoIPRakyat.or.id.

Menari Mambo Ala LSM

Tarian Mambo dimulai dengan memasang paket Mambo. Dalam hal ini masing-masing peserta menggunakan notebook Acer Aspire 3628. Dilengkapi Intel Pentium M 1,73Ghz dengan memori 256 Mb DDR dan hardisk 60 Gigabyte, performa Acer Aspire dalam pelatihan tersebut sangat memuaskan.

Bukan LSM namanya kalau tidak memiliki pemikiran yang berbau politis. Contohnya, saat mencoba fitur polling di Mambo salah satu bentuk jajak pendapat yang muncul adalah, 'Kapan Soeharto Meninggal?'.

Setelah puas mencoba di lingkungan sendiri, Anton pun membimbing para aktivis untuk melakukannya di dunia nyata. Fitur yang dicoba adalah menuliskan berita dan mengubah tampilan (template). Lagi-lagi, jiwa-jiwa aktivis peserta tergelitik, artikel soal kematian Mantan Presiden Soeharto kembali muncul.

Peserta yang ikut meramaikan acara ini berasal dari LSM di berbagai bidang. Mulai dari Imparsial, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia, Indonesia Corruption Watch, Sawit Watch, International NGO Forum on Indonesia Development, The Institute for Global Justice, hingga FKKM. Hadir pula dalam acara itu adalah Michael 'Opa' Sunggiardi, penggiat internet nirkabel Indonesia. Sumber detikinet.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: