jump to navigation

Proses Penajaman Fokus Gambar Digital Bekerja? June 1, 2006

Posted by ar10 in Technology.
trackback

Dulu, saat era kamera konvensional, ketajaman foto benar-benar ditentukan oleh kualitas lensa dan film. Sekarang, kamera digital telah disokong oleh perangkat lunak pemroses rekaman gambar. Jadi, tidak semata-mata hasil kerja lensa. Nah, bagaimanakah proses kerjanya?


Sulit juga mengatakan apa arti dari ketajaman gambar. Namun, bila dihadapkan pada suatu foto, orang awampun dapat menilai apakah foto tersebut tajam, atau tidak. Sebenarnya, ketajaman ditentukan oleh dua faktor, yaitu resolusi dan tingkatan kontras antara dua piksel yang berdekatan. Faktor kedua ini diberi istilah akutan (accutance). Resolusi merupakan kemampuan untuk menyajikan detail yang baik. Nah, kualitas dari lensa yang merupakan "mata" dari kamera diukur salah satunya lewat kemampuannya memisahkan pasangan-pasangan garis dalam satuan milimeter (LP/mm). Semakin banyak pasangan garis yang mampu disajikan atau ditampilkan terpisah, maka semakin besar daya pisah suatu lensa. Semakin besar daya pisahnya, semakin besar kemampuan menampilkan detail.


Ketajaman foto digital juga ditentukan oleh panjang-pendeknya gradasi piksel yang bernada terang terhadap piksel yang bernada gelap. Semakin gradual kontrasnya, maka mata manusia akan menangkapnya sebagai blur (kabur) atau fokus lunak. Sebaliknya, semakin pendek gradasi kontras antara piksel yang bernada terang terhadap piksel yang bernada gelap, maka mata manusia akan menangkapnya sebagai ilusi ketajaman pada gambar. Sumber PCplus

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: