jump to navigation

Mengatur Hyperlink di FrontPage June 15, 2006

Posted by ar10 in CSS/Web Design.
trackback

1. Hyperlink ke Sebuah Situs
Memberikan hyperlink ke dalam sebuah situs tidak sulit. Cukup dengan klik kanan pada sebuah kata atau gambar yang akan diberikan hyperlink lalu pilih menu Insert, Hyperlink atau langsung tekan Ctrl+K. Anda dapat langsung mengetikkan alamat link yang sudah diketahui pada box Address. Namun Anda juga dapat memilih file atau alamat-alamat yang sudah dalam kelompok-kelompok Current Folder, Browse Page, serta Recent File, melalui link yang ada di sebelah kiri. Bila masih belum ada, Anda dapat menggunakan icon-icon browse yang ada di sebelah drop box ‘Look in’ di bawah box ‘Text to display’.

2. Hyperlink ke Alamat E-mail
Anda juga dapat memberikan hyperlink ke dalam sebuah alamat email. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu pilih kata atau gambar yang akan dierikan hyperlink, lalu tekan Ctrl+K. Kemudian dalam box ‘Link to’ pilih E-mail Address. Setelah itu pada kolom E-mail Address masukkan alamat e-mail yang dituju. Pada bagian Subject Anda juga dapat memberikan kata/kalimat sehingga Anda tahu email ini datang dari link yang di sebelah mana. Jika sudah banyak alamat e-mail masuk dalam sebuah halaman, maka alamat tersebut akan masuk dalam box Recently used e-mail address, dan alamat ini dapat juga Anda pilih.

3. Hyperlink ke File Baru
Jika ada sebuah file yang belum dibuat, tetapi sudah direncanakan akan diletakkan dalam sebuah web, maka Anda dapat meletakkan terlebih dahulu hyperlink-nya baru kemudian mengedit atau mengisi isinya dengan benar. Langkah awal sama dengan yang lain, yaitu tekan Crtl+K pada kata yang akan diberikan hyperlink. Namun, kemudian pada box ‘Link to’ pilih Create new document. Masukkan nama file pada box ‘Name of new document’. Lalu tekan tombol browse untuk mengalokasikan letak file. Setelah itu, pada opsi When to edit di bagian bawah, Anda harus menentukan apakah setelah link dibuat Anda akan langsung mengedit file tersebut atau nanti saja.

4. Target Frame
Dalam memberikan hyperlink pada sebuah halaman web, tidak jarang kita ingin menentukan apakah akan menggunakan halaman yang sudah terbuka atau hanya pada bagian tertentu atau pada halaman baru. Untuk mengatur ini semua, Anda dapat lakukan pada bagian Target frame. Target frame ada banyak, bahkan semakin banyak frame dalam halaman tempat link berada akan semakin banyak daftar target frame yang dapat digunakan. Memilihnya tidak terlalu sulit, cukup pilih dari daftar lalu tekan OK. Jika target ingin dijadikan standar berikan tanda centang pada box Set as page default.

5. Hyperlink untuk Bookmark
Selain memberikan hyperlink pada halaman lain, Anda dapat juga memberikan hyperlink untuk bagian yang ada dalam halaman yang sedang terbuka, atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan bookmark. Setelah menentukan link ke dalam dokumen tertentu (yang memiliki bookmark) seperti pada langkah satu, lalu tekan tombol Bookmark (lihat gambar pada langkah 1). Kemudian barulah Anda dapat menentukan bookmark mana yang akan dijadikan tujuan. Caranya cukup memilih bookmark dalam daftar bookmark, setelah itu tekan tombol OK.

6. Atribut Warna Hyperlink
Warna apa yang akan digunakan untuk hyperlink yang Anda berikan? Semuanya dapat Anda atur dalam Page Properties. Caranya klik kanan pada halaman website yang sedang didesain lalu klik kanan dan pilih Page Properties. Setelah itu, bukalah halaman Background. Pada halaman ini ada bagian Colors. Dalam bagian Colors inilah Anda dapat menentukan warna apa saja yang akan diguankan untuk setiap jenis hyperlink. Hyperlink yang belum dikunjungi (Hyperlink), yang sudah (visited hyperlink) dan yang sedang dikunjungi (active hyperlink). Bila sudah selesai tekan OK.

7. Efek pada Hyperlink
Anda juga dapat memberikan beberapa efek sederhana pada text yang diberikan hyperlink. Seperti halnya pengaturan formasi warna hyperlink, pemberian text ini dapat dilakukan dalam Page Properties juga. Dan dalam halaman yang sama seperti langkah ke-6, yaitu dengan memberikan tanda centang pada opsi Enable hyperlink rollover effects dalam bagian Formatting. Pilihan effect tidak banyak, namun cukup menarik. Untuk mengganti warna Anda dapat memilihnya pada box Colors. Untuk memberikan effect itu sendiri dapat dipilih dari daftar effect yang ada.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: