jump to navigation

Pengaturan Frame pada FrontPage June 15, 2006

Posted by ar10 in CSS/Web Design.
trackback

1. Menghadirkan Frame Biasa
Untuk menghadirkan frame biasa harus dilakukan pada saat awal membuat halaman baru. Caranya pilih File, New, Page. Kemudian pilih Page Template. Lalu pada Page Templates pilih Frame Pages. Dalam halaman Frame Pages ada banyak pilihan halaman ber-frame yang dapat dipilih. Mulai dari hanya dua frame yang tersusun vertikal dan horizontal sampai dengan halaman ber-frame lebih dari dua. Di bagian kanan bawah Anda dapat mem-preview-nya sebelum digunakan. Sebenarnya apapun pilihan Anda, Anda dapat kembali mengaturnya nanti, baik mengubah jumlah frame sampai mengatur posisinya.

2. Atribut Frame Biasa
Untuk mengatur atribut, mulai dari jarak antar-frame sampai dengan warna border, dapat dilakukan dengan memilih frame yang akan diatur lalu pilih menu Frame, Properties. Pada box Name, Anda dapat memasukkan nama frame. Pada box Initial Page, Anda diminta untuk menentukan halaman web yang akan diletakkan dalam frame tersebut. Caranya, yaitu dengan menekan tombol Browse. Jika frame mengikuti ukuran browser, jangan lupa memberikan tanda centang pada opsi resizable in browser. Dan bila ingin memberikan scrollbars lakukan melalui dropbox scrollbars di paling bawah. Bila ingin mengatur border frame tekan tombol Frames pages…

3. Membelah Frame
Seperti yang tadi telah diuraikan bahwa pemilihan jumlah dan posisi frame pada langkah satu masih dapat dikembangkan. Karena pada setiap frame yang dipilih Anda juga dapat membelah frame menjadi lebih dari satu. Pembelahan juga dapat dilakukan sembarang. Bisa dilakukan vertikal atau horizontal. Caranya: pilih frame (satu atau sekaligus lebih dari satu) yang akan dibelah, kemudian tekan menu Frame, Split Frames. Setelah itu, tentukan belahan yang diinginkan apakah akan dibelah secara vertikal atau horizontal. Anda juga dapat langsung membelah dua frame sekaligus.

4. Menghapus Frame
Bila ada frame yang tidak disukai, Anda dapat menghapusnya dengan cara pilih terlebih dahulu frame yang akan dihapus, lalu pilih menu Frames, Delete Frame. Menu delete frame ini juga dapat digunakan untuk mengganti menu Merge. Karena setiap frame yang tertinggal secara otomatis akan menyesuaikan ukuran frame dengan layer. Anda juga dapat menghapus lebih dari satu frame sekaligus. Jangan khawatir bila ternyata Anda salah menghapus frame, karena Anda dapat memunculkannya kembali dengan melakukan pembelahan frame seperti pada langkah 3.

5. Memasukkan Inline Frame
Untuk memasukkan inline frame, caranya sangat mudah. Pada halaman web mana saja (baru atau yang sedang diedit) pilih Insert, Inline Frame. Inline Frames berbeda dengan frame biasa. Karena inline frame memiliki tubuh yang menyatu dengan halaman web yang sedang dibuat. Sedangkan frame biasa merupakan gabungan beberapa halaman web. Dengan Inline Frame menu Frame sendiri tidak akan keluar. Sebab Inline Frame memang tidak dapat dibelah dan tidak memiliki border atau pembatas yang sama dengan frame biasa dan tidak semua browser dapat melihatnya.

6. Atribut Inline Frame
Bila ingin mengatur atribut pada inline frame, klik ganda pada frame yang dikehendaki atau pilih frame kemudian klik kanan, Inline Frame Properties. Pada bagian paling atas adalah tempat nama frame, kemudian di bawahnya adalah file pada frames keduanya sama seperti pada frame biasa. Begitu pula dengan pengaturan ukuran dan margin frame. Pada bagian Option, Anda dapat mengatur apakah akan memperlihatkan border atau tidak, pengaturan rata tulisan dan peletakan scrollbar. Di bagian paling bawah adalah text alternatif bila user tidak dapat melihat inline frame melalui browser.

7. Memilih yang Mana?
Tergantung kebutuhan Anda terhadap frame tersebut. Umumnya keberadaan frame adalah untuk mempermudah navigasi pada halaman website. Frame juga akan memudahkan proses desain dari website itu sendiri. Frame yang umum digunakan adalah frame biasa. Untuk inline frame jarang digunakan. Umumnya frame ini digunakan untuk menampilkan halaman yang terkait erat dengan halaman intinya misalnya untuk memuat daftar produk atau berisi surat perjanjian (license agreement). Border yang ditampilkan juga hanya satu ukuran dan dengan satu penampilan saja.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: